Cara Mudah Mengatasi Pesan Error AMP Validator pada Template VioMagz-AMP, yang Sering Terjadi

Template VioMagz-AMP, merupakan bundling alias satu paket untuk para pengguna resmi template VioMagz yang  di rilis bulan Maret 2018 yang lalu, jadi anda tidak perlu membeli template versi ini untuk mendapatkannya, kecuali membeli template VioMagz terlebih dahulu.
Dikutip dari halaman sugeng.id, template ini memiliki fitur dan kelebihan di antaranya:


Namun, dari panduan yang diberikan mas sugeng di halaman https://sugeng.id/cara-setting-template-viomagz-amp/ tidak menjelaskan bagaimana secara rinci, agar template VioMagz versi AMP benar-benar valid secara struktur data AMP yang benar.
Bagi pengguna awam, yang pertama kali dilakukan setelah memasang template versi AMP adalah melakukan pengecekan validasi dalam penerapan template tersebut.


Ada beberapa cara untuk melakukan pengecekan, apakah website anda sudah valid atau belum valid AMP, dengan cara berikut :
  1. Kunjungi halaman https://search.google.com/test/amp 
  2. Kunjungi halaman  https://validator.ampproject.org/
  3. atau, dengan Install terlebih dahulu extension AMP Validator  pada browser google Chrome atau Mozilla firefox yang fungsi untuk melakukan pengecekan, apakah template versi AMP yang digunakan pada domain anda sudah valid atau belum 
Namun dari ketiga cara tersebut, saya sendiri lebih menyarankan untuk melakukan install extension AMP Validator pada browser yang anda gunakan, ini lebih mudah ketimbang selalu  mengakses website untuk melakukan pengecekan apakah sudah Valid AMP?

Setiap kali anda melakukan pengeditan template, ada baiknya selalu melakukan pengecekan validasi, inilah yang menjadi tantangan dalam penggunaan template pada versi AMP.

Dalam penggunaan Template VioMagz-AMP,  ada hal yang harus lakukan agar secara struktural data valid, tiga hal berikut ini yang sering terjadi disaat dan pertama kali mempergunakan Template VioMagz-AMP.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Mengatasi Pesan Error AMP Validator pada Template VioMagz-AMP


Pertama kali menerapkan template versi AMP, yang terlihat hanya biasa-biasa dalam hal penerapannya dengan template blogger versi umumnya.

Anda akan mengetahui setelah melakukan pengecekan validasi AMP yang disyaratkan agar fitur yang diinginkan pada template dapat berjalan dengan semestinya.

Beberapa hal yang sering terjadi dengan mengaplikasikan template VioMagz-AMP  adalah sering mendapat pesan error pada AMP Validator pada line 2 (pada atribut xmlns...),  line 2279 dan Line 2289 (Custom JavaScript is not Allowed bagi newbie penggunaan template ini pastinya membingungkan.

Baca Juga : Cara yang Benar Memasukkan gambar blog AMP Agar Valid dan Responsive

#Mengatasi Error pada Custom JavaScript is not Allowed

Error pada custom JavaScript is not Allowed,  sebenarnya hal ini terjadi karena template AMP tidak support penerapan javascript.

Sedangkan yang terjadi pada Template VioMagz-AMP, disaat anda melakukan pertama kali penerapan blog dan melakukan pengecekan AMP Validator, tidak perlu bingung JavaScript apa yang harus di hapus.


Anda hanya perlu melakukan pengaturan pada tab menu tata letak [layout] dan dilanjutkan dengan memilih widget navbar  dan pilih "off" dan simpan untuk menerapkan nya, terakhir lakukan pengecekan validasi kembali.


Apabila icon AMP Validator sudah menjadi hijau, selamat website anda sudah memiliki fitur AMP yang di inginkan.

#Mengatasi Error pada atribut xmlns 



Ternyata caranya cukup gampang untuk mengatasi hal tersebut, pilih menu tab tema >  Edit HTML, temukan kode berikut dan hapus kode yang saya beri tanda berikut ini.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:css='false' b:responsive='true' b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' lang='id' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
<b:attr cond='data:blog.isMobileRequest == &quot;true&quot;' name='amp' value='amp'/>
<head>

Kemudian ganti dengan kode berikut ini.
<html b:css='false' b:responsive='true' b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' lang='id'>


#Mengatasi Pesan Error AMP pada Struktur Widget Sidebar  

Sering menambah widget sidebar pada template/tema blogger pada versi non AMP tentu tidak akan menjadi masalah namun apabila Anda melakukan hal ini pada template AMP blogger, hal ini akan menjadi masalah, Anda tidak akan mengetahui secara langsung di saat menambahkan widget sidebar.

Namun sangat berpengaruh pada struktur data template AMP, Google Search Consulte Team akan memberikan informasi terdapat masalah AMP baru terdeteksi pada situs. Cara paling mudah mengetahui masalah ini Anda dapat mempergunakan extension AMP Validator yang telah saya jelas sebelumnya.

Untuk memperbaiki masalah ini solusinya sangat mudah. Cukup anda cari kode berikut pada bagian tab template / tema blog, edit HTML :
<b:include name='quickedit'/>

Temukan kode tersebut, untuk mempermudah pencarian gunakan fitur "search:"  gunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+ F pada edit HTML, terakhir setelah ditemukan hapus dan klik tombol simpan tema dan lakukan pengecekan validasi AMP.


Bagaimana mudah bukan?

Semoga bermanfaat, Yuukk di share di berbagai media sosial mungkin belum bermanfaat bagi sobat, namun bisa jadi temanmu lebih membutuhkan.