8 Tips Pintar Membeli Laptop Bekas Secara Online

HopeeWe.com - 8 Tips Pintar Membeli Laptop Bekas Secara Online | Dengan mudahnya membeli sesuatu apapun saat ini tentunya memiliki dampak positif dan negatif, salah satu dampak positif yang dirasakan  mudahnya membeli sesuatu tanpa harus bertemu dengan penjual secara langsung.

Ya, hanya dengan berbekal gadget ponsel/laptop anda dapat menjual atau membeli barang yang diinginkan mulai dari membeli kebutuhan sehari-hari, pakaian, perangkat elektronik dan tentunya tidak terkecuali laptop bekas atau second yang akan diulas kali ini.

Namun dalam kenyataan sisi negatif pembelian secara online membuat penjual melihat celah untuk melakukan penipuan kepada calon pembeli, dengan iming-iming harga murah, mencantumkan foto yang tidak sesuai dengan kenyataan atau deskripsi yang tertera tidak sesuai barang yang diterima pembeli.

Karena itu harus pintar-pintar dalam menentukan produk yang diinginkan apa lagi membeli laptop bekas secara online kepada penjual yang memiliki rating atau penilaian yang buruk harus dihindari agar tidak menjadi korban penipuan, alih-alih ingin mendapat barang yang murah berkualitas malah sebaliknya mendapat laptop rusak atau bahkan barang tidak dikirimkan sama sekali setelah Anda selesai melakukan transfer pembayaran.

Uups, jangan negatif thinking dahulu sebelum membeli, masih banyak penjual yang jujur, amanah dalam melakukan transaksi pembelian secara online.

Berikut adalah 8 tips  pintar membeli laptop bekas secara online.

#1. Cek dan Bandingkan Dengan Harga Baru 



Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli sesuatu tentu dong mengetahui spesifikasi laptop yang kita ingin melalui internet.

Bandingkan dengan harga baru dan harga bekas rata-rata yang ditawarkan dengan spesifikasi yang mereka cantumkan pada kolom deskripsi produk dan plus-minus yang mereka tawarkan apakah harga yang tawarkan masuk akal? Terlalu murah atau terlalu mahal? Dengan spesifikasi yang diinginkan.

Apabila informasi yang diberikan masih dirasa kurang, jangan ragu untuk menanyakan langsung kepada penjual dengan menggunakan fitur chat atau kolom komentar diskusi yang disediakan.

#2. Fokus Pada Penjual dengan Rating Bagus dan Responsif



Sangat disarankan apabila ingin membeli suatu apapun termasuk membeli laptop bekas secara online, terlebih dahulu Anda harus melihat rating penjual terlebih dahulu pada marketplace yang sudah terkenal seperti bukalapak, tokopedia, shopee yang memiliki fitur rating kepuasan pembeli atau pelanggan yang telah membeli di toko mereka. Abaikan saja penjual dengan rating buruk dengan harga yang ditawarkan sangat murah atau harga yang tidak masuk akal.

Apabila Anda membeli diluar marketplace yang sudah terkenal atau informasi produk yang diinginkan Anda peroleh dari sosial media, yang harus dilakukan membaca testimoni komentar yang telah terlebih dahulu membelinya.

Selain harus melirik kepada nilai rating atau testimoni dari pembeli yang positif, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan juga nilai plus kepada penjual yang merespon pembeli dengan baik saat melakukan komunikasi melalui chat atau kolom komentar.

#3. Utamakan Membeli di Lokasi Terdekat


Usahakan apabila Anda benar-benar ingin membeli laptop bekas murah yang bagus dan berkualitas pertimbangkan untuk membeli di lokasi terdekat dengan Anda.

Platform Marketplace atau sosial media saat ini memiliki fitur filter lokasi penjual di mana yang ingin Anda beli, fitur ini tidak hanya dapat menyeleksi lokasi namun juga fitur-fitur lain yang tentunya sangat berguna dan mempermudah mencari produk yang diinginkan.

Dengan cara ini Anda dapat melakukan pengecekan secara langsung dengan spesifikasi laptop yang dinginkan dan tentunya dengan budget yang telah ditentukan.

Saya lebih menyarankan untuk membeli lokasi terdekat karena Anda dapat mengecek kondisi laptop apakah benar-benar sesuai foto dan deskripsi yang mereka berikan.

#4. Utamakan COD


Bagi Anda yang tidak mengetahui lokasi penjual yang dituju dengan akurat ada baiknya memilih opsi Cash On Delivery (COD) opsi ini sangat disarankan apabila anda berada di wilayah yang sama.

Namun sebelum memilih opsi ini tentunya Anda harus memastikan spesifikasi laptop bekas yang anda inginkan benar-benar Anda minati agar tidak mengecewakan penjual tentunya.

Ada baiknya mengajak teman yang mengerti tentang laptop atau komputer dan lokasi dekat dengan keramaian saat melakukan COD, hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Baca Juga: 4 Cara Download Video di Twitter dengan Mudah Tanpa Aplikasi

#5. Cek Kembali Spesifikasi


Dampak positif bila anda melakukan COD adalah dapat melakukan pengecekan secara langsung di hadapan penjual. Lakukan pengecekan secara fisik terlebih dahulu mulai dari layar, tombol, port, kelengkapan yang diberikan, hingga keadaan laptop saat dinyalakan apakah bekerja dengan semestinya atau tidak.

Saat melakukan pengecekan bandingkan dengan deskripsi yang penjual informasi apabila banyak informasi yang diberikan tidak sesuai, diskusikan dengan baik kepada pihak penjual namun bila memang terlalu banyak kecacatan yang parah lebih baik pembelian laptop dibatalkan dengan alasan yang Anda utarakan.

#6. Lama Penggunaan dan Garansi


Setelah melakukan pengecekan secara fisik dan spesifikasi yang ditawarkan sesuai dengan keinginan hal yang sangat penting sebenar yang perlu Anda tanyakan juga yaitu mengenai lama penggunaan dan garansi resmi laptop bekas yang di jual atau ditawarkan tersebut kepada penjual.

Walaupun secara fisik masih terlihat bagus, namun apabila pemakaian sudah berlangsung lama dengan rentang waktu tahunan, atau pemakaian untuk bermain gaming, multimedia seperti editing video yang membuat hardware bekerja extra yang berdampak pada umur pemakaian laptop lebih pendek.

Namun apabila penggunaan wajar dengan rentang waktu 2 - 4 bulan dan masih terdapat garansi resmi pada laptop yang ditawarkan dengan harga cukup murah dari harga barunya, saran saya jangan ragu untuk membelinya.

#7. Beli Melalui Marketplace yang Terpercaya



Marketplace adalah aplikasi atau web yang menyajikan produk atau barang dari berbagai sumber penjual. Marketplace menjembatani atau memfasilitasi proses terjadinya jual beli barang antara penjual dan konsumen hingga pada akhirnya barang diterima oleh konsumen.

Saat ini di Indonesia sudah terdapat beberapa marketplace terkenal dan tentunya sangat rekomendasi seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada, apapun barang yang Anda butuhkan termasuk laptop bekas dapat dipesan dengan mudah, aman, nyaman terhindar dari penipuan walaupun terkadang masih ada penjual yang tidak jujur yang merugikan konsumen  karena tergiur dengan harga murah yang mereka tawarkan.

Jangan takut untuk berbelanja di marketplace karena setiap transaksi yang dilakukan hingga proses akhirnya yaitu mulai dari barang dipesan hingga sampai kepada pembeli dapat dipantau di aplikasi atau website, uang yang Anda transfer pun tidak akan diterima ke rekening penjual secara langsung, namun akan di transfer ke rekening marketplace sementara, apabila barang yang dibeli sudah diterima konsumen tanpa ada komplain uang yang di transfer dapat diteruskan ke saldo penjual yang terdapat pada fitur marketplace.

#8. Tanyakan Perjanjian Retur, Apakah Bisa dilakukan?

Sebenarnya membeli barang apapun lebih nyaman membeli secara langsung ke toko penjual, karena Anda dapat mengeceknya secara langsung dan apabila terjadi permasalahan pada laptop bekas yang anda beli di kemudian hari dapat dilakukan komplain kepada pihak penjual.

Namun apabila Anda membeli secara online dan lokasi penjual yang jauh tentunya hal ini tidak memungkinkan untuk kesana hanya karena ingin membeli laptop yang anda inginkan.

Ada baiknya terlebih dahulu membaca deskripsi yang diberikan, penjual yang baik akan memberikan garansi dari toko selama 1 bulan sejak barang diterima, namun apabila tidak ada penjelasan mengenai hal ini ada baiknya anda tanyakan langsung kepada penjual melalui fitur chat atau kolom komentar.

Jangan kecewa dahulu apabila mereka tidak memberikan garansi toko sebenarnya marketplace memiliki fitur komplain atau retur barang yang dibeli apabila tidak sesuai dengan gambar, deskripsi yang mereka berikan.

Karena itu jangan buru-buru konfirmasis proses “selesai” saat barang diterima cek secara keseluruhan dengan teliti baik secara fisik, hardware dan juga software apakah bekerja dengan baik?

Bila sesuai jangan ragu untuk melakukan konfirmasi sehingga uang yang ditahan di marketplace dapat diterima penjual namun apabila sebaliknya lakukan komplain kepada penjual.

Semoga tips pintar membeli laptop bekas secara online ini bermanfaat, jangan lupa klik tombol share yang ada di bawah artikel ini ya sobat! dan bagikan ke berbagai media sosial kamu, terima kasih.