Cara Mengetahui Tinta Epson Asli dan Palsu dengan Aplikasi Epson Genuine

HopeeWe.com - Cara Mengetahui Tinta Epson Asli dan Palsu  dengan Aplikasi Epson Genuine | Banyaknya tinta Epson Palsu yang beredar di pasaran saat ini, membuat khawatir pengguna Printer Epson apakah tinta yang dibeli palsu atau benar-benar original produk dari Epson?

Tinta yang bukan asli tentunya akan berdampak negatif pada hasil cetak yang berujung semakin cepatnya  head cartridge aus, ditandai dengan hasil cetak putus-putus atau bergaris dan warna yang tidak sesuai dengan yang sesungguhnya walau sudah dilakukan pembersihan head hasil tetap sama.


Tinta original menjamin kualitas hasil cetak, pengguna dapat mencetak ribuan lembar tanpa harus khawatir dengan mutu dan kualitas tinta yang digunakan.


Secara fisik kemasan produk tinta yang ditawarkan sulit dibedakan antara asli dan palsu, untuk itulah Epson meluncurkan sebuah aplikasi pemindai tinta asli dengan nama Epson Genuine.


Beberapa Ciri Tinta Epson Palsu

  1. Segel Hologram printing biasa, pada warna segel tinta epson asli lebih natural dan terdapat tulisan epson genuine, sedangkan yang palsu agak pudar dan tidak terdapat tulisan epson genuine. Tapi bener-benar nyaris sama.
  2. RN Number Tidak Muncul Jika Hologram di gosok / Hologram tidak dapat di gosok
  3. Kualitas Sticker Logo Genuine Epson Print biasa (tidak ada warna blink-blink), logo jika diraba terasa halus
  4. Sticker Logo Epson Tidak Sejajar / Rapi dengan box
  5. Pada botol tinta yang asli pada bagian atas dekat tutup terdapat bagian kotak yang timbul, sedangkan yang palsu tidak ada alias polos saja.
  6. Harga yang dijual jauh lebih murah dari biasanya 
Namun banyaknya produk tinta Epson palsu yang beredar saat ini tetap saja ciri-ciri tersebut tidak dapat menjadikan patokan untuk mengetahui keaslian produk.

Mengutip perkataan Managing Director Epson Indonesia “Epson Indonesia sadar bahwa kepercayaan pelanggan harus dijaga. Untuk itu, kami menghadirkan aplikasi Epson Genuine ini untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam membeli produk Epson khususnya tinta"

Aplikasi tersebut bekerja dengan cara memindai QR Code hologram yang didesain khusus terdapat pada kemasan produk tinta Epson, Anda dapat mengunduh di playstore/appstore dengan nama "Epson Genuine".

Penggunaan aplikasi ini pun cukup mudah, untuk lebih jelasnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Panduan Penggunaan Aplikasi Epson Genuine

Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi Epson Genuine di playstore/appstore.

Setelah selesai jalankan aplikasi tersebut, tampilan antar muka awal terdapat opsi bahasa Inggris dan Indonesia pilih sesuai keinginan untuk mempermudah penggunaan dan untuk memulai proses scan dapat menekan tombol "Pindai Sekarang" secara otomatis akan membuka kamera dan menghidupkan LED Flash sebagai alat pemindai QR, karena pada aplikasi versi 1.038 tidak terdapat menu non aktifkan LED Flash  dapat diakali dengan  mempergunakan menu Senter yang biasa digunakan untuk menghidupkan atau mematikannya.


Selanjutnya tempatkan kemasan tinta Epson pada permukaan datar atau rata. Gosok atau lepaskan stiker penutup yang menutupi sebagian Hologram untuk mendapatkan keseluruhan QR Code.

Pastikan sisi atas kemasan adalah sisi berstiker Hologram dan memiliki QR Code.


Tempatkan kamera smartphone antara 30 dan 45 derajat menghadap QR Core pada kemasan Epson. Sesuaikan posisi QR yang dirasa pas, apabila sudah berada pada titik-titik yang ditentukan dan kode yang tertera terlihat jelas pada camera tekan "ambil gambar" pada layar dan dilanjutkan dengan menekan tombol "cek", hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.


Apabila tinta Epson yang Anda beli asli, maka terdapat informasi "CONSUMABLE ASLI EPSON" yang berupa informasi Kategori, Warna Tinta, Nomor Seri, dll, namun apabila tidak terdapat pada data base berkemungkinan tinta tersebut palsu.

Untungnya  QR Code ini tidak dapat digandakan, apabila sudah dilakukan proses scan akan terdapat informasi "Produk Anda sudah pernah di scan sebelumnya" hal ini tentu akan mempersulit produsen nakal dalam memalsukan produk dengan adanya aplikasi ini.

Oh iya Anda dapat membuat laporan pada menu "buat laporan" apabila menemukan permasalah tersebut.

Baca Juga: 8 Tips Pintar Membeli Laptop Bekas Secara Online

Demikian, semoga artikel cara mengetahui Tinta Epson Asli dan Palsu  dengan Aplikasi Epson Genuine ini bermanfaat, jangan lupa klik tombol share yang ada di bawah artikel ini ya sobat! dan bagikan ke berbagai media sosial kamu, terima kasih.