11 Tips Liburan Murah ke Jogja ala Mahasiswa

Hopeewe - 11 Tips Liburan Murah ke Jogja ala Mahasiswa | Liburan akhir tahun sekaligus liburan semester tahun ini kamu mau kemana sih? pertanyaan ini mungkin bakalan muncul dari teman-teman kamu.Bagi seorang mahasiswa yang jauh dari orang tua dan masih mengandalkan kiriman orang tua untuk menjalani kehidupan selama di bangku perkuliahan tentunya pengeluaran yang tidak penting-penting amat tidak akan menjadi prioritas dalam pengaturan pengeluaran. Namun adakalanya, kamu juga perlu merencanakan liburan untuk membuat pikiran lebih fresh dari kesibukan perkuliahan yang melelahkan. 

Bukan mahasiswa namanya, banyak cara yang dapat dilakukan agar impian liburan ke suatu tempat yang ia inginkan dapat diwujudkan, namun tetap tidak membebani orang tua mereka dengan cara mengatur pengeluaran secara selektif dan merencanakan perjalanan secara cerdas dan tepat sesuai bugdet dan tentunya dengan harga yang murah.

Kamu yang membaca artikel ini, saya yakin sedang ingin mencari informasi 'bagaimana merencanakan liburan murah ke Joga setelah selesai ujian semester,  bukan?'

Apa yang kamu tahu mengenai Jogja, kebanyakan orang akan mengatakan kuliner gudeg dan destinasi wisata Jalan Malioboro yang sudah terkenal, namun sebenarnya banyak kuliner dan spot destinasi wisata yang lain dan menarik ditelusuri bagi sobat mahasiswa untuk menjadikan Jogja sebagai tempat wisata yang patut dikunjungi dengan biaya yang murah.

Kota yang dijuluki kota pelajar dan budaya  ini banyak terdapat destinasi wisata yang terkenal salah satunya tempat tinggal keluarga kesultanan Yogyakarta berupa keraton yang dibalut dengan unsur budaya yang kental dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jogja  hingga saat ini.


Keunikan tersebut menjadikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke keraton Yogyakarta atau disebut juga Keraton Ngayogyakarta  Hadiningrat sebagai objek wisata lokal yang menari untuk kamu eksplorasi.

Selain itu banyak lokasi lain sepatutnya kamu kunjungi dan menjadi list destinasi wisata selama berada di Jogja yaitu candi prambanan, candi borobudur, taman sari yogyakarta, museum benteng vredeburg, pantai pok tunggal, museum batik yogjakarta dan masih banyak destinasi wisata lainnya tersembunyi di Jogja yang menanti dan siap untuk di telusuri.

Sudah mencari informasi disana-sini, saya yakin Jogja sebagai salah satu tempat yang akan kamu kunjungi, bukan?. Jika kamu bingung dan bagaimana cara melakukan perencanaan liburan murah ala mahasiswa agar budget yang sudah di anggarkan tidak diluar ekspetasi, ada baiknya kamu membaca 11 tips liburan murah ke Jogja ala mahasiswa:



#1 Cari Informasi sebanyaknya dan Minta Pendapat Yang Sudah Berpengalaman

Untuk mendapatkan informasi di jamah sekarang sangatlah mudah, hanya dengan mengetik kata kunci yang ingin kamu cari di google informasi dapat di dapat dengan mudah, semisal "lokasi wisata murah di Jogja" dengan kata kunci ini akan banyak informasi mengenai lokasi wisata yang direkomendasikan buat kamu dengan harga yang murah, tinggal kamu saja lagi mampu memanfaatkan dengan baik atau malas mempergunakannya.

Carilah informasi sebanyak banyaknya, agar lebih jelas informasinya tanyakan kepada teman kamu yang sudah pernah berkunjung ke destinasi wisata di Joga, tanya kepada mereka destinasi apa yang benar-benar sesuai ekspektasi kamu dari informasi yang didapat sebelumnya dan tentunya sesuai kantong mahasiswa.

#2 Menabung dan Buat Perincian Biaya

Setelah didapat informasi lokasi-lokasi wisata di Jogja yang di inginkan sesuai keinginan kamu, hal paling berat bagi seorang mahasiswa tentu dong masalah keuangan yang pas-pasan yang selalu menjadi pertimbangan.

Mulailah menabung untuk mewujudkan liburan tersebut, sisihkan uang bulanan dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Belajarlah melakukan manajemen keuangan yang baik dan bijaksanalah dalam mengelolanya.

Agar impian pergi ke tempat wisata ke jogja dapat terwujud kamu dapat membeli sebuah celengan, membuat tabungan bersama dengan teman kuliah, atau dengan mengikuti arisan ala mahasiswa.

Selanjutnya buatlah rincian biaya selama berkunjung ke lokasi wisata selama di jogja, tentukan budget minimal diperlukan mulai dari transportasi, akomodasi dan biaya makan sehari--hari, jangan lupa untuk pengeluaran tambahan untuk berjaga-jaga suatu hal yang tak terduga.

#3 Tentukan Ingin Bertraveling Sendiri atau Berkelompok

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk berlibur tentunya bersama teman-teman jauh lebih seru dan menguntungkan dalam banyak hal ketimbang sendiri selama perjalanan ke tujuan wisata. Dengan traveling kamu akan mencoba hal yang baru dalam melakukan kegiatan seru dalam perjalanan.

Mau traveling atau berwisata dengan kelompok atau sendiri sama-sama memberikan keuntungan dan keseruan pada saat berada di tempat wisata yang dituju, tentunya kamu akan bertemu dengan orang baru, berbaur dengan kebudayaan setempat, dibalut dengan keindahan alam dan objek wisata yang menawan selama berada di Jogja.

Tentunya traveling bertujuan untuk mendapatkan pengalaman baru dengan menjelajahi dan mencari sensasi dari petualangan yang dilakukan selama berwisata selain itu pikiran akan menjadi lebih fresh setelah berlibur.

#4 Cek Tiket Pesawat Secara Berkala

Carilah tiket promo, lakukan pemesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, yang tentunya harga yang murah sesuai dengan budget kamu tentukan kisaran anggarannya.

Salah satu cara mendapatkan tiket murah dengan selalu cek secara berkala di situs-situs atau apps tiket penerbangan ke Jogja, kadangkala untuk momen-momen tertentu mereka memberikan harga yang lebih murah dari biasanya, kamu dapat mempergunakan filter pencarian untuk mempermudah mendapat tiket promo.

#5 Jangan Menginap di Hotel Berbintang

Khawatir masalah penginapan selama berada di Jogja?, banyak penginapan mulai dari harga yang mahal hingga yang murah pun ada. Diantara banyaknya penginapan tentu harus sesuai dengan budget seorang mahasiswa namun tetap memberikan kesan nyaman dan aman selama kamu menginap.

Jangan pernah menginap di hotel kalau budget kamu terbatas, sudah tentu melakukan reservasi di hotel harga jauh lebih mahal ketimbang menginap di wisma, atau guesthouse yang jauh lebih murah.

Agar mendapat penginapan yang murah disarankan jangan mencari di dekat lokasi atau destinasi wisata yang sudah terkenal, karena sudah tentu tempat penginapan tersebut bakalan memberikan harga yang lebih mahal ketimbang kamu mencari lokasi di luar dari destinasi wisata tersebut namun memiliki fasilitas yang sama tetapi ditawarkan dengan harga yang cukup murah.

Atau bagi kamu melakukan traveling secara berkelompok, ada baiknya menginap di guesthouse dengan membayarnya secara patungan, tentunya cara ini akan membuat perjalanmu jauh lebih murah.

#6 Transportasi

Transportasi merupakan hal yang sangat penting sebelum kamu melakukan traveling, banyak jenis transportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke objek-objek wisata yang kamu inginkan selama berkunjung ke jogja. Namun pertimbangkan masalah kenyamanan sebelum memutuskan moda transprtasi apa yang benar-benar cocok, pertimbangkan kenyamanan, kesesuaian kesehatan kamu selama perjalanan dan tentunya harus sesuai dengan budget kamu sebagai seorang mahasiswa.


#7 Gunakan Jalur Darat Jika Memungkinkan

Jika masih memungkinkan traveling melalui jalur darat dan tidak jauh dari destinasi yang ingin dikunjungi, maka jalur darat adalah pilihan terbaik untuk menghemat budget transportasi selama berkunjung ke Jogja.

#8 Makan di Tempat Makanan Lokal

Kuliner Jogya sangat beragam, nikmati makan-makanan tradisional yang dijajakan di luar tempat wisata yang kamu kunjungi, satu hal harus diperhatikan hindari makan di restoran mewah atau rumah makan di area tempat wisata tersebut, karena harganya bakalan selalu lebih mahal dari makanan di luar tempat wisata.

Tak perlu mencari makanan yang mahal dan enak, banyak kuliner khas Jogja yang beragam dan ringan di kantor tentunya ditawarkan dengan harga yang lebih murah.

#9 Kunjungi Tempat Wisata Baru

Kunjungi tempat wisata atau wahana yang baru dibuka, biasanya banyak promo yang ditawarkan kepada para pengunjung dengan harga yang lebih murah, jadikan list spot destinasi wisata yang harus kamu kunjungi saat berada di Jogja.  Berbeda dengan destinasi wisata yang sudah terkenal, di musim libur mereka tidak lagi memberi harga promo bagi pengunjung.

#10 Bawalah Botol Air Minum

Hal ini penting namun diabaikan, belilah air minum sebelum menuju ke destinasi wisata yang kamu inginkan, jangan membeli di area lokasi wisata, mengapa? Kamu akan kaget mendapat harga yang di tawarkan jauh lebih mahal dari biasanya, beli di mini maket atau toko di luar area wisata, agar lebih menghemat kamu dapat mengisi air minum sewaktu berada di penginapan sebagai bekal selama perjalanan ke lokasi wisata.

#11 Beli Oleh-oleh/Souvenir dengan Bijak

Ingin memberikan oleh-oleh/souvenir untuk teman-teman atau orang terdekat kamu? Setelah sudah puas menikmati spot destinasi yang ada di Jogja tentunya kamu memikirkan buah tangan untuk dibawa pulang.

Mengenai oleh-oleh tidak perlu mahal, yang penting berkesan. Carilah oleh-oleh yang memiliki keunikan daerah setempat, karena hal tersebut memiliki makna kepada orang yang akan kamu berikan. Semisal hiasan rumah, T-Shirt, camilan tradisional dan lain sebagainya.

Jika yang kamu cari buah tangan khas jogja ada baiknya mengunjungi lokasi pasar tradisional atau toko-toko yang menawarkan buah tangan khas jogja. Selain harganya berkualitas tentunya harga yang ditawarkan lebih murah ketimbang membeli di area touris spot. Umumnya semua yang ada di tourist spot harga yang ditawarkan akan lebih mahal dibanding kamu membeli di luar lokasi wisata dengan kualitas yang sama.

Demikian 11 Tips Liburan Murah ke Jogja ala Mahasiswa, semoga bermanfaat, Yuukk di share ke berbagai media sosial mungkin belum bermanfaat bagi sobat, namun bisa jadi temanmu lebih membutuhkan.
Artikel:
https://www.finansialku.com/15-tips-untuk-liburan-murah-dan-budget/
https://ruangmahasiswa.com/lifestyle-trend/tips-liburan-hemat-dan-pintar-ala-mahasiswa/
https://tempatwisataunik.com/info-wisata/tips-wisata/tips-traveling-murah-ke-jogja

Image:
https://1.bp.blogspot.com/-oMv9YQyKfMM/WclGglrQ-hI/AAAAAAAACzI/MigqplQFyMYIgJDItzEyIscJhG5SV4fiwCLcBGAs/s1600/9%2Bdestinasi%2Bwisata%2Bmalam%2Byogyakarta.jpg