19 Manfaat Tidur dengan Nyenyak Untuk Kesehatan, diantaranya Mencegah Kanker

HopeWe - 19 Manfaat Tidur dengan Nyenyak Untuk Kesehatan | Para peneliti telah menjelaskan, antara cukup tidur dan terlalu sedikit tidur memiliki dampak pada kesehatan tubuh seperti mempengaruhi suasana hati, berat badan, kehidupan seks dan bahkan mereka berisiko lebih besar terserang penyakit yang berbahaya.

Jika Anda memiliki kebiasaan buruk tidur kurang dari tujuh atau delapan jam yang direkomendasikan untuk tidur malam, ada baiknya meninggalkan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Simak ulasan berikut mengenai 19 manfaat tidur dengan nyenyak untuk kesehatan.




#1. Tidur Menjaga Kesehatan Jantungmu

Serangan jantung dan stroke lebih mungkin terjadi pada dini hari, yang mungkin disebabkan oleh cara tidur berinteraksi dengan pembuluh darah. Kurang tidur telah dikaitkan dengan memburuknya tekanan darah dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Jantung Anda akan lebih sehat jika Anda tidur antara 7 dan 9 jam setiap malam.

#2. Tidur Mengurangi Stres

Jika Anda tidak cukup tidur nyenyak, Anda kehilangan kesempatan untuk beristirahat dari stres. Kehilangan tidur bahkan dapat meningkatkan jumlah stres yang Anda rasakan karena tubuh Anda yang kurang tidur memicu lebih banyak hormon stres.

Dalam sebuah studi baru-baru ini yang meneliti efek tidur terhadap stres, partisipan diberikan ujian yang agak membuat stres. Dibandingkan dengan mereka yang mengalami tidur malam yang khas, mereka yang dalam kondisi kurang tidur mengalami tingkat stres yang lebih tinggi.

Selai itu ketika tubuh Anda kurang tidur, ia mengalami stres. Fungsi tubuh menjadi waspada tinggi, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan produksi hormon stres. Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, dan hormon stres membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Pelajari teknik relaksasi untuk mengatasi efek stres dan tertidur lebih cepat.

#3. Tidur Mengurangi Peradangan

Peningkatan hormon stres yang disebabkan oleh kurang tidur meningkatkan tingkat peradangan di tubuh Anda. Ini menciptakan risiko yang lebih besar untuk kondisi yang berhubungan dengan jantung, serta kanker dan diabetes. Peradangan diperkirakan menyebabkan tubuh memburuk seiring bertambahnya usia.

#4. Tidur Membuat Suasana Hati yang Lebih Baik

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek signifikan pada suasana hati. Peneliti dari University of Pennsylvania menemukan bahwa subjek yang dibatasi hanya 4,5 jam tidur semalam selama satu minggu melaporkan merasa lebih stres, marah, sedih, dan lelah secara mental. Ketika subjek melanjutkan tidur normal, mereka melaporkan peningkatan dramatis dalam suasana hati.

#5. Tidur Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidur mengatur fungsi sel kekebalan tubuh dan kadar antibodi yang membantu tubuh melawan bakteri dan virus, yang menjelaskan mengapa kurang tidur dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Sebuah studi tahun 2003 di Université Laval di Kanada mendukung ini. Ketika peneliti menguji darah penderita insomnia, mereka menemukan lebih sedikit sel yang melawan infeksi dibandingkan pada orang yang tidur lebih banyak.

Menurut sebuah penelitian Universitas Texas 2005, orang dengan insomnia 10 kali lebih mungkin mengalami depresi dan cemas. Mengambil langkah-langkah untuk memastikan tidur yang cukup akan menyebabkan peningkatan suasana hati dan kesejahteraan.

#6. Tidur Dapat Membantu Mencegah Kanker

Tahukah Anda bahwa orang yang bekerja shift malam memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dan usus besar? Para peneliti percaya paparan cahaya mengurangi kadar melatonin . Melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun, dianggap melindungi terhadap kanker karena tampaknya menekan pertumbuhan tumor. Pastikan kamar tidur Anda gelap dan hindari menggunakan elektronik sebelum tidur untuk membantu tubuh Anda menghasilkan melatonin yang dibutuhkannya.

#7. Tidur Membuat Hidup Lebih Lama

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam memiliki tingkat kematian dua kali lipat dari semua penyebab.

Seharusnya tidak mengherankan bahwa semakin sehat tubuh Anda, semakin lama Anda bisa berharap untuk hidup. Dengan sistem kekebalan yang kuat, peningkatan kadar hormon pertumbuhan, dan berkurangnya peradangan, tubuh lebih siap menghadapi apa pun yang dilemparkan oleh hidupnya.

#8. Tidur Meningkatkan Memori Anda

Para peneliti tidak sepenuhnya memahami mengapa kita tidur dan bermimpi, tetapi mereka menemukan bahwa tidur memainkan peran penting dalam proses yang disebut konsolidasi memori.

Selama tidur, tubuh Anda mungkin sedang beristirahat, tetapi otak Anda sibuk memproses hari Anda, membuat koneksi antara peristiwa, input sensorik, perasaan, dan ingatan. Tidur nyenyak adalah waktu yang sangat penting bagi otak Anda untuk membuat kenangan dan hubungan, dan tidur yang lebih berkualitas akan membantu Anda mengingat dan memproses sesuatu dengan lebih baik.

Terlebih lagi, orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam semalam lebih rentan terhadap Alzheimer. Sistem glymphatic di otak membersihkan otak dari zat yang disebut beta amyloid - yang merupakan pendahulu Alzheimer. Sistem ini 10 kali lebih aktif ketika Anda tidur daripada ketika Anda bangun.

#9. Tidur dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam per malam lebih cenderung kelebihan berat badan atau obesitas. Diperkirakan bahwa kurang tidur berdampak pada keseimbangan hormon dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Hormon ghrelin dan leptin, yang mengatur nafsu makan, diketahui terganggu oleh kurang tidur.

Hormon leptin berperan penting dalam membuat Anda merasa kenyang. Ketika Anda tidak cukup tidur, kadar leptin turun. Hasilnya: orang-orang yang lelah hanya lapar biasa - dan mereka tampaknya sangat menginginkan makanan tinggi lemak dan tinggi kalori.

Kualitas tidur juga dapat meningkatkan kadar hormon pertumbuhan, yang merangsang pertumbuhan otot, hormon pertumbuhan manusia membantu menjaga tubuh tetap ramping, menguatkan tulang, dan meningkatkan sirkulasi.

#10. Tidur Siang Membuat Anda "Lebih Cerdas"

Malam hari bukan satu-satunya waktu untuk tidur. Tidur siang adalah alternatif yang efektif dan  menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membuat Anda lebih produktif.

Sebuah penelitian terhadap 24.000 orang dewasa Yunani menunjukkan bahwa orang yang tidur siang beberapa kali seminggu memiliki risiko lebih rendah meninggal akibat penyakit jantung. Orang yang tidur siang di tempat kerja menunjukkan tingkat stres yang jauh lebih rendah. Tidur siang juga meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif, dan suasana hati.

#11. Tidur Meningkatkan Kreativitas

Selain mengonsolidasikan ingatan, atau menjadikannya lebih kuat, para ilmuwan telah menemukan bahwa tidur juga tampaknya menata kembali ingatan, memilih detail emosional dan mengkonfigurasi ulang ingatan untuk membantu Anda menghasilkan ide-ide baru dan kreatif.

Pada saat Anda tidur, otak kita terus mengerjakan masalah yang membingungkan kita di siang hari, dan jawaban yang tepat mungkin datang dengan lebih mudah setelah 8 jam Anda tidur dengan nyenyak.

#12. Tidur dapat Mengurangi Risiko Depresi Anda

Tidur memengaruhi banyak bahan kimia dalam tubuh Anda, termasuk serotonin. Orang dengan defisiensi serotonin lebih cenderung menderita depresi. Anda dapat membantu mencegah depresi dengan memastikan Anda mendapatkan jumlah tidur yang tepat antara 7 dan 9 jam setiap malam.

#13. Tidur Membantu Perbaikan Tubuh Sendiri

Tidur adalah waktu untuk bersantai, tetapi juga waktu di mana tubuh bekerja keras memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stres, sinar ultraviolet, dan paparan berbahaya lainnya. Sel-sel Anda menghasilkan lebih banyak protein saat Anda tidur. Molekul protein ini membentuk blok bangunan untuk sel, memungkinkan mereka untuk memperbaiki kerusakan.

#14. Tidur Meningkatkan Kehidupan Seks yang Lebih Baik

Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, hingga 26% orang mengatakan bahwa kehidupan seks mereka cenderung bermasalah karena mereka terlalu lelah.

Selain itu, testosteron (pada pria dan wanita) berpengaruh besar ketika Anda tidak cukup tidur di malam hari, dan ini dapat mematikan libido Anda. Anda membutuhkan setidaknya enam jam tidur setiap malam untuk menjaga testosteron pada tingkat yang sehat.

#15. Proses Revitalisasi saat Tidur

Saat Anda tidur, kulit Anda masuk ke mode perbaikan. Sel-sel kulit baru tumbuh dan menggantikan sel-sel yang lebih tua. Ini juga saat perubahan hormon dan metabolisme terjadi dalam tubuh, termasuk kulit Anda. Kurang tidur dapat mengganggu proses itu.

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan hormon stres dalam tubuh yang meningkatkan keparahan kondisi kulit inflamasi seperti jerawat atau psoriasis.

#16. Tidur yang Nyenyak Meningkatkan Performa Atletit

Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri. Jika kita kurang tidur, kita tidak berkinerja baik. Di sisi lain, penelitian telah menemukan bukti jelas bahwa peningkatan tidur memiliki manfaat nyata bagi atlet.

Satu studi melacak tim basket Universitas Stanford selama beberapa bulan. Pemain menambahkan rata-rata hampir 2 jam tidur malam. Hasilnya? Pemain meningkatkan kecepatan mereka sebesar 5%. Lemparan bebas mereka lebih akurat 9%. Mereka memiliki refleks yang lebih cepat dan merasa lebih bahagia. Studi lain menunjukkan manfaat yang sama untuk pemain sepak bola dan atlet lainnya.

#17. Tidur Mengurangi Resiko Kecelakaan

Institute of Medicine memperkirakan bahwa satu dari lima kecelakaan mobil di AS hasil dari mengemudi mengantuk - itu sekitar 1 juta kecelakaan setahun.

Kurang tidur mempengaruhi waktu reaksi dan pengambilan keputusan. Kurang tidur hanya untuk satu malam dapat merusak kemampuan mengemudi Anda seperti memiliki minuman beralkohol.

#18. Tidur Mengurangi Rasa Sakit

Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara kurang tidur dan ambang nyeri yang lebih rendah. Para peneliti telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu sistem pensinyalan rasa sakit tubuh, meningkatkan sensitivitas terhadap rangsangan yang menyakitkan. Para peneliti juga menemukan bahwa tidur yang baik dapat melengkapi pengobatan untuk rasa sakit.

#19. Tidur Mampu Meningkatkan Perhatian 

Gejala kurang tidur pada anak-anak menyerupai gejala ADHD. Sementara orang dewasa mengalami kurang tidur sebagai rasa kantuk dan lesu, anak-anak yang tidak bisa tidur sering menjadi penyebab mereka terlihat murung dan keras kepala, mereka mungkin kesulitan fokus, duduk diam dan sulit bergaul dengan teman sebaya.

Sebuah studi tahun 2009 dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak usia tujuh dan delapan yang tidur kurang dari sekitar delapan jam semalam lebih cenderung hiperaktif, lalai, dan impulsif.

Demikian 19 manfaat tidur dengan nyenyak untuk kesehatan, semoga bermanfaat, Yuukk di share ke berbagai media sosial mungkin belum bermanfaat bagi sobat, namun bisa jadi temanmu lebih membutuhkan.
Artikel:
https://www.verywellhealth.com/top-health-benefits-of-a-good-nights-sleep-2223766
https://www.onegoodthingbyjillee.com/14-surprising-health-benefits-good-nights-sleep/
Gambar:
https://cdn.images.express.co.uk/img/dynamic/11/590x/How-to-get-to-sleep-Six-things-you-should-do-in-the-30-minutes-before-bed-961932.jpg